Saturday 21 May 2016

Pengertian, Manfaat, Beserta Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jaringan Komputer, Kata ini sudah tidak asing bagi kita para pengguna komputer karena Jaringan Komputer sangat penting bagi kita. Jaringan Komputer ini sangatlah penting bila kita berada di warnet disini saya mengibaratkan jaringan komputer terhadap warnet, mengapa saya sebut warnet karena warnet ini terdiri dari beberapa PC atau komputer jadi jika server itu mati maka semua komputer yang berada di area warnetpun akan mati mengapa saya bilang begitu langsung saja kita lihat mengapa alasannya, dan apa pengertian dari Jaringan Komputer.

http://ariosinformation.blogspot.com/2016/05/pengertian-manfaat-beserta-jenis-jenis-jaringan-komputer.html


Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer adalah sebuah perangkat komputer yang terdiri dari 2 bahkan lebih yang saling terhubung satu dengan yang lain melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi dan macam-macam perangkat komputer lain. sehingga jaringan komputer dapat mempertemukan pengguna komputer satu sama lain dengan mudah.


Manfaat Dari Jaringan Komputer
  • Dengan adanya Jaringan Komputer kita dapat berbagi data-data ( File, Gambar, Video, Lagu ) kepada orang lain denga cepat dan mudah.
  • Jaringan Komputer dapat mempermudahkan kita untuk mengakses berita atau informasi terkini dengan mudah dan cepat melalui Internet, Mengapa Internet ? karena internet ini juga salah satu bagian dari Jaringan Komputer.
  • Jaringan Komputer juga mempermudahkan kita dalam hal berkomunikasi dari jarak jauh maupun jarak dekat dengan mudah dan cepat.
  • Jaringan Komputer juga mempermudah kalian yang membuka warnet karena warnet juga memiliki jaringan komputer sehingga untuk masalah mengatur billing atau site waktu sehingga dengan adanya jaringan komputer warnet itu bisa mengatur waktu kapan habis dengan adanya server dan menyambungkannya ke komputer-komputer lainnya.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Jaringan Komputer ini terbagi menjadi 4 kelompok yaitu berdasarkan jangkauan,media data yang digunakan, hubungan komputer dengan komputer lain dalam memproses data, topologi yang digunakan. semua akan dijelaskan dengan lengkap dan jelas berikut penjelasannya.

A. Berdasarkan Jangkauan

1. LAN

LAN singkatan dari Local Area Network, LAN adalah Jaringan yang hanya memiliki wilayah yang cukup dekat yaitu sekitar 1 km persegi, misalnya seperti warnet, komputer di sekolah, tempat kerja atau kantor dan lain-lain.

2. MAN

MAN singkatan dari Metropolitan Area Network, MAN adalah Jaringan yang mencakup satu kota dengan kecepatan transfer data jauh lebih tinggi, MAN juga bisa disebut yaitu gabungan antar LAN dengan LAN lainnya. Jangkauan dari jaringan MAN sekitar 10-50 km.

3. WAN

WAN singkatan dari Wide Area Network, WAN adalah jaringan yang jangkauannya luas dari pada LAN dan MAN, jaringan WAN ini bisa mencapai negara bahkan benua. WAN digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih jaringan sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan yang lain walaupun jaraknya berbeda.

B. Berdasarkan Media Data Yang Digunakan

1. Jaringan Berkabel ( Wired Network )

Media data yang digunakan dalam jaringan ini yaitu kabel, kabel ini digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya agar bisa saling bertukar data, salah satu media data yang digunakan Wired Network ini adalah kabel UTP

2. Jaringan Nirkabel ( Wireless Network )

Media data yang digunakan dalam jaringan ini membutuhkan gelombang elektromagnetik, berbeda dengan Jaringan Berkabel ( Wired Network ) Jaringan Nirkabel ini tidak menggunakan kabel sebagai alat bertukar data dengan komputer lain melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik.

C. Berdasarkan Hubungan Komputer Dengan Komputer Lain Dalam Memproses Data

1. Jaringan Client-Server

Jaringan ini terdiri satu bahkan lebih komputer server dan komputer client, Komputer Server bertugas untuk menyediakan sumber data sedangkan Komputer Client hanya dapat menggunakan sumber data tersebut.

2. Jaringan Peer To Peer

Jaringan ini sama seperti jaringan Client-Server yang membedakannya komputer server dapat menjadi komputer client dan sebaliknya komputer client dapat menjadi komputer server.

D. Berdasarkan Topologi Yang Digunakan

Topologi Jaringan Komputer merupakan bentuk / struktur jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan yang lain, berikut adalah macam-macam topologi.

  • Topologi Bus
  • Topologi Ring
  • Topologi Tree
  • Topologi Mesh
  • Topologi Linier
itu adalah macam-macam Topologi yang strukturnya berbeda-beda Topologi inipun cukup unik untuk di bentuk atau dirangkai sedemikian rupa.

Tadi adalah Pengertian, Manfaat Beserta Jenis-Jenis Jaringan Komputer yang saya rangkum sedemikian rupa dan ini menurut versi saya atau menurut pendapat saya, jadi mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengertian atau pendapat, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian, jika bermanfaat untuk kalian mohon untuk like FP kami, karena 1 like FP dari kalian akan membantu atau memberi semangat kami dalam membuat artikel yang lebih berkualitas lagi.

Terima Kasih Agan-agan Sudah Berkunjung Di Blog Saya Tunggu Trik Dan Tutorial lainnya yah
Comment Yang Relevan Dan Bermanfaat Bagi Orang Lain Yah!!!
EmoticonEmoticon